Skip to main content

Gabus Pucung Kuliner Legendaris Betawi yang Mulai Susah Ditemukan

Indonesia mempunyai kekayaan berupa budaya dan suku yang majemuk. Sebanyak itu pula masakan legendaris yang harus dilestarikan. Salah satunya merupakan Gabus Pucung, makanan tradisional Betawi yg telah ada semenjak jaman nenek moyang. Memang sudah mulai susah ditemukan, namun kamu bisa mencobanya pada Pondok Gabus milik H. Lukman. Apa istimewanya, sih?

Apa itu Gabus Pucung?

Gabus kuah rawon Bekasi
Gabus kuah rawon Bekasi [image source]
Apakah Gabus Pucung itu? Yaitu olahan ikan gabus yg dimasak menggunakan kuah campuran pucung atau dikenal pula menggunakan nama kluwek. Mirip dengan rawon, hanya saja bukan daging sapi yang sebagai isiannya melainkan ikan gabus. Gabus Pucung merupakan keliru satu kuliner yang termasuk dalam rincian nyorog, yaitu mengantar kuliner yg dimasak sang anak buat diberikan pada orangtua atau mertua pada waktu menjelang puasa atau lebaran.

Gabus Pucung, Kuliner Khas Betawo
Gabus Pucung, Kuliner Khas Betawi [image source]

Resep Turun Temurun

Gabus pucung kuah rawon
Gabus pucung kuah rawon [image Bekasi. Resep lezat tidak ada tandingan berdasarkan kuah pucungnya telah turun temurun dari ibunya. Dari Warung Nasi Sabi’ih yg buka tahun 1960 hingga berubah menjadi Pondok Gabus H. Lukman pada tahun 1980, nikmatnya tak berkurang.

Nikmati Gabus Pucung dengan Peyek Udang
Nikmati Gabus Pucung dengan Peyek Udang [image source]

Tambahan Lain yg Tak Kalah Sedap

Gabus Pucung H Lukman
Gabus Pucung H Lukman [image source]
Masakan Gabus Pucung paling nikmat jika disantap ditemani dengan peyek udang yg kriuk. Jangan lupa buat mencicipi menu lainnya yg enaknya juga nagih, seperti semur jengkol, pecek lele dan urap kencur. Jika warga Betawi menyebutnya gabus, di Kalimantan ikan ini dikenal dengan nama haruan. Ikan yang sama pula digunakan menjadi bahan pembuatan amplang di Bumi Borneo.

Semur Jengkol di Gabus Pucung Lukman
Semur Jengkol di Gabus Pucung Lukman [image source]

Oleh-oleh Bekasi

Dodol Betawi
Dodol Betawi [image source]
Saat berkunjung ke Bekasi, tak terdapat salahnya pula merasakan berbagai jajanan spesial menurut kota ini. Salah satunya merupakan Dodol Betawi. Biasanya kuliner ini mulai banyak ditemukan ketika menjelang program besar seperti hari raya Idul Fitri & Idul Adha. Selain itu, borong juga Bir Plethok yang adalah sang-sang spesial daerah ini. Tenang saja, minuman campuran rempah-rempah yg berkhasiat mencegah masuk Angin, asam urat, pegal-pegal ini halal, kok.

Bir Pletok
Bir Pletok [image source]
Nah, selain Gabus Pucung ada banyak masakan tradisional yg sangat layak buat dilestarikan. Salah satu caranya merupakan menggunakan terus menikmati & membelinya meski telah poly jajanan kekinian. Setuju, kan?

Comments

Popular posts from this blog

Harga Wastafel Cuci Piring 2 Bak Murah

Bak Cuci Piring Kitchen Sink 1 Lubang Wastafel Dapur 75 cm. Harga Wastafel Cuci Piring 2 Bak Murah. Daftar Harga Wastafel Cuci Piring Terbaru 2016 Portal Bangunan Wastafel Rumah Desain Rumah Tenang untuk ukuran yang lebih kecil 1 unit wastafel jenis ini ada juga yang dijual di kisaran harga Rp800000-Rp900. Harga wastafel cuci piring 2 bak murah . Harga Wastafel Cuci Piring Minimalis Paling Murah 1 Dan 2 Lubang - Bagi anda yang sedang mencari informasi tentang harga bak cuci piring 2 lubangAnda sudah datang ke tempat yang tepat karena kami akan membahas dan memberikan informasi seputar harga wastafel cuci piring dengan harga murah. Selain harga yang relatif murah wastafel yang terbuat dari baja anti karat ini jauh lebih awet mudah dibersihkan anti karat serta anti lumut. Rp 1200000 Meja kompor bak cuci piring westafel rak piring 1 set. Anda bisa memilih jenis wastafel sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki tentunya. Menjaga kesehatan tentunya tidak akan lepas dari

Nama Karakter Zepeto Keren

Nickname adalah nama unik dan seringkali terdengar keren yang diberikan buat para gamer ke karakter game mereka terutama dalam game multiplayer online seperti ff ml pb ataupun pubg mobile. Apalah arti sebuah nama. Cara Bikin Avatar Zepeto Karakter 3d Yang Menggemaskan Tekno Liputan6 Com Rizki Dengan bermain game aku bisa punya banyak teman dan belajar untuk saling bekerja sama sekaligus belajar arti dari kata kesetiakawanan. Nama karakter zepeto keren . Fire Fire adalah salah satu game atau permainan yang bergenre Battle Royale dimana permainan ini bisa dimainkan oleh masyarakat mulai dari umur anak-anak remaja dan sampai dewasa. Aku ada video zepeto yang bernama Marrie NLike kalau punya kalau punya Zepeto bagi nama ya atau kode Jangan lupaLIKE Comment Subscribe. Berikut beberapa fitur keren yang terdapat di Zepeto Mod Apk untuk bisa kalian gunakan secara gratis dan menciptakan karakter avatar dengan desain yang lebih menarik lagi. Selain sebagai identitas nickname seakan-

Merk Whipping Cream Di Indomaret

Beli Whipped Cream terdekat berkualitas harga murah 2021 terbaru di Tokopedia. Merk cream cheese di indomaret. Harga Whipped Cream Kiloan Bukan Di Indomaret Alfamart Lazada Indonesia Melainkan krim yang satu ini juga digunakan untuk memberikan tampilan yang lebih indah pada makanan maupun minuman. Merk whipping cream di indomaret . Namun tak hanya karena kondisi cuaca saja es krim banyak dijumpai saat momen tertentu untuk mencairkan suasana. Salah satunya adalah es krim yang sering diincar kebanyakan orang saat suhu udara sedang panas-panasnya. 10 Merk Cream Cheese yang Bagus dan Enak By Vita SW Posted on July 24 2021 Merkbagusid Saat merayakan sesuatu salah satu makanan yang harus tersedia ialah kue. Itulah sepuluh merk cream cheese yang terkenal dari berbagai penjuru dunia yang sebagian bisa ditemukan di Carrefour Hypermart Giant Indomaret Alfamart ataupun pasaran lainnya. Promo Anchor Mentega Margarin di Semua Supermarket. 15 Merk Whipped Cream dalam Kemasan Terbaik di