Skip to main content

Seblang Bakungan Tarian Mistis di Banyuwangi Berusia 378 Tahun

Banyuwangi dikenal karena pesona kaldera ijen dan sederet pantai eksotis. Tapi jangan salah , kota dengan slogan Sunrise of Java ini juga masih menjaga berbagai macam potensi budayanya. Terbukti, 72 festival budaya dilangsungkan setiap tahunnya. Beruntung tim Travelingyuk bisa datang pribadi dan menyaksikan salah satunya, yaitu Tari Seblang Bakungan.

Tarian yg Berumur 378 Tahun

Wadah berisi arang dan tempat dupa [Hangga Prayudi/Travelingyuk.Com]
Wadah berisi arang dan tempat dupa [Hangga Prayudi/Travelingyuk.Com]
Konon tahun 1639 silam di desa yang sekarang bernama Bakungan terdapat hamparan bunga bakung & pohon nagasari. Lantaran akan dibangun pemukiman, bunga dan pohon tersebut wajib dimusnahkan. Tetapi, usaha tersebut gagal lantaran pohon tidak bisa ditebang. Kemudian datanglah satu tokoh buat bersemedi & menciptakan kesepakatan menggunakan sembilan danyang (roh halus) penghuni pohon tadi. Mereka putusan bulat dipindahkan asalkan setiap tahunnya digelar upacara untuk mereka.

Salah satu anak-anak pengiring arak-arakan [Hangga Prayudi/Travelingyuk.Com]
Salah satu anak-anak pengiring bir-arakan [Hangga Prayudi/Travelingyuk.Com]

Menari Dengan Mata Terpejam Sepanjang 13 Lagu

Sepanjang pentas, penari dalam keadaan kesurupan [Hangga Prayudi/Travelingyuk.Com]
Sepanjang pentas, penari pada keadaan kerasukan [Hangga Prayudi/Travelingyuk.Com]
Upacara tersebut sekarang lebih dikenal menggunakan nama Festival Tari Seblang Bakungan. Uniknya, tarian ini dilakukan pada syarat mata terpejam & kerasukan. Prosesi menurut sore hingga malam ini kental dengan bau dupa & 13 lagu norma osing seperti seblang-seblang, podo nonton, dodol kembang, nglamat nglimir, nandur kiling, & nyurung dayung. Nikmati jua aksi komedi berdasarkan pengiring penari seblang.

Menari dengan mata terpejam [Hangga Prayudi/Travelingyuk.Com]
Menari menggunakan mata terpejam [Hangga Prayudi/Travelingyuk.Com]

Penari Seblang Tidak Bisa Sembarang Orang

Supani, penari Seblang Bakungan sejak 2014-sekarang [Hangga Prayudi/Traveling.Com]
Supani, penari Seblang Bakungan sejak 2014-sekarang [Hangga Prayudi/Travelingyuk.Com]
Penari seblang mempunyai beberapa persyaratan yaitu mempunyai garis keturunan berdasarkan penari seblang sebelumnya dan sudah masuk dalam fase menopause. Tahun ini Supani dipercaya kembali buat meneruskan jejak pendahulunya dari tahun 2014. Pergantian penari seblang bakungan akan dilakukan jika secara fisik penari telah tidak lagi bisa melakukan tarian atau meninggal global.

Penari harus memiliki garis keturunan dari pendahulunya [Hangga Prayudi/Travelingyuk.Com]
Penari harus mempunyai garis keturunan berdasarkan pendahulunya [Hangga Prayudi/Travelingyuk.Com]

Prosesi Panjang Sebelum Ritual Kerasukan

Penari seblang bersama dalam perjalanan arak-arakan [Hangga Prayudi/Travelingyuk.Com]
Penari seblang (tengah) pada perjalanan arak-arakan [Hangga Prayudi/Travelingyuk.Com]
Sebelum menjalani ritual persiapan, penari beserta pawang diarak keliling desa menggunakan becak. Beberapa gerombolan tari jua pelaku seni adat osing berdasarkan segala usia ikut mengiringi. Arak-arakan ini jua mendatangi beberapa tempat sakral, seperti makam pendahulunya & mata air Sumber Penawar yg dipercaya sang rakyat lebih kurang mempunyai khasiat.

Kostum pengiring penari seblang [Hangga Prayudi/Travelingyuk.Com]
Kostum pengiring penari seblang [Hangga Prayudi/Travelingyuk.Com]

Cara Unik Masyarakat Bersyukur Menyambut Ritual

Ketika pawai obor berlangsung, seluruh lampu desa padam [Hangga Prayudi/Travelingyuk.Com]
Ketika pawai obor berlangsung, semua lampu desa padam [Hangga Prayudi/Travelingyuk.Com]
Seluruh desa memadamkan lampu & pawai obor dilakukan sang anak-anak. Setelahnya, warga berkumpul pada depan rumah masing-masing dan menyantap sajian pecel pitik menjadi indikasi syukur. Ini adalah ritual pamungkas sebelum program inti dilaksanakan.

Peserta pawai obor adalah anak-anak desa Bakungan [Hangga Prayudi/Travelingyuk.Com]
Peserta pawai obor adalah anak-anak desa Bakungan [Hangga Prayudi/Travelingyuk.Com]
Upaya Banyuwangi buat menjaga kelestarian budaya & tradisi memang sangat luar bisa. Terbukti banyak sekali festival yang dilaksanakan dalam satu tahun. Yang terdekat merupakan Festival Tari Gandrung Sewu pada tanggal 8 Oktober dan Banyuwangi Etno Carnival dalam 11 November mendatang.

Comments

Popular posts from this blog

Harga Wastafel Cuci Piring 2 Bak Murah

Bak Cuci Piring Kitchen Sink 1 Lubang Wastafel Dapur 75 cm. Harga Wastafel Cuci Piring 2 Bak Murah. Daftar Harga Wastafel Cuci Piring Terbaru 2016 Portal Bangunan Wastafel Rumah Desain Rumah Tenang untuk ukuran yang lebih kecil 1 unit wastafel jenis ini ada juga yang dijual di kisaran harga Rp800000-Rp900. Harga wastafel cuci piring 2 bak murah . Harga Wastafel Cuci Piring Minimalis Paling Murah 1 Dan 2 Lubang - Bagi anda yang sedang mencari informasi tentang harga bak cuci piring 2 lubangAnda sudah datang ke tempat yang tepat karena kami akan membahas dan memberikan informasi seputar harga wastafel cuci piring dengan harga murah. Selain harga yang relatif murah wastafel yang terbuat dari baja anti karat ini jauh lebih awet mudah dibersihkan anti karat serta anti lumut. Rp 1200000 Meja kompor bak cuci piring westafel rak piring 1 set. Anda bisa memilih jenis wastafel sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki tentunya. Menjaga kesehatan tentunya tidak akan lepas dari

Nama Karakter Zepeto Keren

Nickname adalah nama unik dan seringkali terdengar keren yang diberikan buat para gamer ke karakter game mereka terutama dalam game multiplayer online seperti ff ml pb ataupun pubg mobile. Apalah arti sebuah nama. Cara Bikin Avatar Zepeto Karakter 3d Yang Menggemaskan Tekno Liputan6 Com Rizki Dengan bermain game aku bisa punya banyak teman dan belajar untuk saling bekerja sama sekaligus belajar arti dari kata kesetiakawanan. Nama karakter zepeto keren . Fire Fire adalah salah satu game atau permainan yang bergenre Battle Royale dimana permainan ini bisa dimainkan oleh masyarakat mulai dari umur anak-anak remaja dan sampai dewasa. Aku ada video zepeto yang bernama Marrie NLike kalau punya kalau punya Zepeto bagi nama ya atau kode Jangan lupaLIKE Comment Subscribe. Berikut beberapa fitur keren yang terdapat di Zepeto Mod Apk untuk bisa kalian gunakan secara gratis dan menciptakan karakter avatar dengan desain yang lebih menarik lagi. Selain sebagai identitas nickname seakan-

Merk Whipping Cream Di Indomaret

Beli Whipped Cream terdekat berkualitas harga murah 2021 terbaru di Tokopedia. Merk cream cheese di indomaret. Harga Whipped Cream Kiloan Bukan Di Indomaret Alfamart Lazada Indonesia Melainkan krim yang satu ini juga digunakan untuk memberikan tampilan yang lebih indah pada makanan maupun minuman. Merk whipping cream di indomaret . Namun tak hanya karena kondisi cuaca saja es krim banyak dijumpai saat momen tertentu untuk mencairkan suasana. Salah satunya adalah es krim yang sering diincar kebanyakan orang saat suhu udara sedang panas-panasnya. 10 Merk Cream Cheese yang Bagus dan Enak By Vita SW Posted on July 24 2021 Merkbagusid Saat merayakan sesuatu salah satu makanan yang harus tersedia ialah kue. Itulah sepuluh merk cream cheese yang terkenal dari berbagai penjuru dunia yang sebagian bisa ditemukan di Carrefour Hypermart Giant Indomaret Alfamart ataupun pasaran lainnya. Promo Anchor Mentega Margarin di Semua Supermarket. 15 Merk Whipped Cream dalam Kemasan Terbaik di